Terbaik Untuk mu, bu

Standar

Namaku Nina. Lebaran kali ini benar- benar berbeda, karena aku sudah memiliki cara lain dalam memaknai arti dari hari besar itu. Jika biasanya aku menghabiskan lebaran dengan bersenang- senang, kali ini ku lewatkan dengan bermaaf-maafan.

Jujur, “Maaf” adalah kata yang sulit sekali aku ucapkan. Meski mengetahui aku salah, tapi sulit untuk mengatakannya. Malam ini adalah waktu takbir dan saatnya keluargaku mengadakan acara maaf- maafan. Memang tidak dirayakan, hanya dilakukan dengan berkumpul bersama. Meski berkumpul, bukan berarti hanya duduk, tapi ada juga yang tidur, makan, mainan, dan sebagainya.

Acara dimulai dengan permintaan maaf oleh ibuku,

“Buat anak- anaku ibu minta maaf kalau  punya salah, soal marah- marah bukan berarti ibu jahat, akan tetapi ibu ingin kalian lebih baik”, lalu dilanjutkan oleh kakakku,

“Aku juga ya, kakak minta maaf kalau punya salah”.

Wah saat ini giliranku, aku benar- benar takut.

“Hm..Aku juga minta maaf ya, mungkin selama ini…….. Nina selalu nyusahin kalian, tapi Nina selalu berusaha untuk lebih baik, tapi terkadang niat Nina malah jadi kesalahan buat kalian selalu dianggap salah, jadi maafin aku,”

“Buat ibu maafin Nina yang selama ini durhaka sama ibu, tapi bukan itu maksudku. Nina selalu mencoba berbakti kepada ibu, tapi selalu dinilai salah, jadi maaf ya bu dan Nina berjanji akan melakukan semua yang terbaik untuk mu, bu.”

Leganya, saat kata- kata itu keluar air mataku terus mengalir dan kata-kataku juga terbata- bata. Akan tetapi, aku bahagia karena semuanya telah terluapkan dan tidak disangka, jika ibu dan nenekku menangis mendengar pengakuanku.

Yah mungkin itu lah makna maaf, bisa menghilangkan semua beban di hati dan menghilangkan kesalahpahaman kita terhadap orang lain. Mungkin mulai saat ini aku tidak akan malu lagi untuk mengakui kesalahan dan berani mengucapkan kata “Maaf”.

Tinggalkan Balasan

